Bandingkan suku bangsa mu dengan suku bangsa yang lebih maju

Jika ingin perubahan yang lebih besar bandingkan suku bangsa mu dengan suku bangsa yang lebih maju, jangan bandingkan dengan suku bangsa yang jauh dibawahmu apalagi menghina suku bangsa yang lebih rendah dari suku bangsamu.

Lihatlah suku bangsa di amerika serikat , ketika mereka berkumpul mereka berbicara pengalaman mereka dan mereka berbicara masalah ide-ide kedepannya. tidak banyak membicarakan kejelekan orang lain dan bicara yang sia-sia.

Lihatlah suku bangsa Korea , jika mereka memimpin dan terjadi suatu masalah dibawah kepemimpinannya, seperti dicurigai korupsi mereka merasa sangat malu dan sangat bersalah bahkan bisa sampai membuat mereka bunuh diri.

Jika  terjadi kerusuhan dan anarkis di suatu wilayah, maka kepala polisi di wilayah tersebut mundur dari jabatannya.  karna mereka punya rasa malu yang tinggi.

Sedangkan bangsa kita di nusantara yang bertuhan, tidak malu kepada tuhan kita yang mahatau apalagi punya rasa malu terhadap sesama manusia lainnya.

Suku bangsa lain sibuk memikirkan sesamanya bahkan sibuk memikirkan suku bangsa lain,  suku bangsa kita  masih memikirkan diri kita sendiri.

Suku bangsa lain punya gagasan dan aksi untuk kemiskinan di suku bangsa kita, kita masih memikirkan diri  dan keluarga kita sendiri dan mengabaikan kemiskinan disekitar kita.


Pejabat korupsi meraja lela
Rakyat tidak jujur meraja lela
Pedagang curang meraja lela
Pemuda foya foya meraja lela
Pergaulan yang rusak meraja lela
Kerusuhan meraja lela
Saling menghina meraja lela
Saling mengalahkan  meraja lela
Pelanggaran lalu lintas meraja lela
Pencurian meraja lela

Lantas apa yang kita perbuat,
apakah kita hanya berteriak hal ini tidak adil?
lalu siapa yang memulai perubahan itu kecuali diri kita sendiri?



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bandingkan suku bangsa mu dengan suku bangsa yang lebih maju"

Post a Comment