Daftar Bimbingan Belajar Paling Terkenal Versi OUCH

1. Primagama (Sejak 1982)

Siapa sih yang ga kenal sama bimbingan belajar satu ini? Primagama udah berdiri sejak tahun 1982. Udah tua ya, generasinya kakak-kakak lo. He he he. Nama pendirinya Purdi E. Tjandra. Dulu, doi ini kuliah ambil empat jurusan di Universitas Gadjah Mada (UGM). Tapi, dia milih keluar dan ngajak temen-temennya mendirikan Primagama.
Meski Purdi E. Tjandra terkena kasus pailit tahun 2013 lalu, tapi Primagama tetep jalan sampe sekarang Sob.
bimbel-prima

2. Ganesha Operation (Sejak 1984)

Kalo Primagama lahir di Yogyakarta, nah, bimbingan belajar satu ini lahir di Kota Kembang, Bandung. Ganesha ini salah satu pelopor bimbel di Indonesia Sob. Tepatnya, berdiri sejak 1 Mei 1984. Wah, baru aja ulang tahun ya. Selamat ya buat Ganesha.
Primagama sama Ganesha sering dibanding-bandingin. Tapi menurut OUCH!, dua-duanya punya kelebihan masing-masing. Baik Primagama mau pun Ganesha punya trik sendiri buat ngebantu pelajar dalam mecahin soal UN atau SBMPTN.
bimbel-ganesa

3. Nurul Fikri (Sejak 1985)

Setelah Jogja dan Bandung, sekarang giliran Jakarta, Sob. Jadi, Nurul Fikri ini pertama kali didirikan di Jakarta. Tau ga siapa yang ngelahirin bimbingan belajar satu ini?
Tahun 1985 silam, beberapa mahasiswa Unibersitas Indonesia (UI) ngajak 35 siswa kelas 3 SMA buat belajar untuk kesiapan masuk perguruan tinggi Sob. Yoi, anak-anak UI itulah yang ngelahirin bimbel ini.
bimbel-nf
Baca: 5 Tips Sukses Ulangan Tanpa Harus Belajar Mati-Matian

4. SSC (1990)

Balik lagi ke Bandung nih… SSC ini bimbel asli Kota Kembang euy. Jl. Dipatiukur No. 71 jadi tempat yang sangat bersejarah buat bimbel ini. Sebab di situlah pertama kali SSC ngebuka bimbingan belajar. Anggotanya waktu itu ga nyampe 100 Sob.
Ngomong-ngomong, tau ga kepanjangan dari SSC? Bimbel ini punya nama panjang Sony Sugema College Sob.

bimbel-ssc

5. Neutron (1991)

Meski kalah tua dari pesaingnya, Neutron ini termasuk bimbel yang disukai banyak pelajar. Buat narik anggota, Neutron milih dua mantan artis cilik, Tasya dan Joshua buat ngisi iklan mereka.
Berawal dari Jogja, kini Neutron punya cabang yang cukup banyak. Mulai dari Bandung, Semarang, Surabaya sampe Bali.

bimbel-nutron-2

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Daftar Bimbingan Belajar Paling Terkenal Versi OUCH"

Post a Comment