CHAPTER 3 SOURCES OF CURRICULUM MATTERIAL bagian 2


A.     Computer Database Search

Komputer menambahkan dimensi baru untuk mencari kurikulum dan bahan audiovisual. Apa yang pernah mengambil hari melihat melalui katalog, indeks, microfiche, dan sumber-sumber lain, sering dapat dicapai melalui komputer dalam hitungan menit. Vendor komersial menyediakan layanan pencarian dan pengambilan on-line dari kaset database, atau akses ke database ini dapat langsung. Akses langsung memerlukan menggunakan komputer pribadi dengan link telepon (modem) ke komputer online vendor. Pencarian database komputer juga dilakukan oleh spesialis di banyak perguruan tinggi, universitas dan perpustakaan umum, instansi pemerintah, atau pusat kurikulum dan tempat transaksi.
Database terkomputerisasi yang mengandung catatan mengenai materi kurikulum yang berkaitan dengan program pendidikan kerja dan program meliputi :

1.      ERIC Database

ERIC adalah sistem informasi pendidikan yang besar dan komprehensif. Ini terdiri dari staf koordinasi di Washington, DC dan 16 tempat transaksi terletak di universitas atau dengan organisasi profesional di seluruh Amerika Serikat. Setiap clearing berfokus pada spesialisasi di bidang pendidikan. Sebagai contoh, ERIC Clearinghouse on Dewasa Karir, dan Pendidikan Kejuruan adalah mencari di kampus Ohio State University di Columbus.
Tempat transaksi memperoleh, mengevaluasi, abstrak, indeks, dan mengumumkan produk pendidikan dalam publikasi ERIC. Sekitar 14.000 dari catatan produk ini telah dimasukkan ke dalam database komputer setiap tahun sejak tahun 1996, database sumber tunggal terbaik untuk informasi tentang panduan kurikulum dan bahan ajar. Ini termasuk item yang sering tidak tersedia melalui sumber-sumber lain. On line pencarian komputer dari database ERIC dapat dilakukan melalui:
1.      Layanan Informasi Dialog
2.      Sistem Development Corporation (SDC)
3.      Biografis Retrieval Services (BRS)
4.      Vendor komersial lainnya
5.      Kebanyakan perguruan tinggi dan universitas perpustakaan dapat mengakses database ini dan memberikan informasi deskriptif pada dokumen yang menarik dengan biaya yang wajar.
Berikut website yang disediakan untuk mengakses eric database, dengan alamat linknya http://eric.ed.gov/.

2.      VECM Database

Database rujukan ini menyediakan informasi on-line di cetak dan materi kurikulum nonprint. Selain bahan domain publik masuk melalui Pusat Koordinasi enam Kurikulum regional, VECM berisi materi kurikulum yang dikembangkan oleh militer dan produk AS dari: (a) Asosiasi Kejuruan Amerika (AVA), (b) Asosiasi Amerika untuk SMK Bahan Instruksional (AAVIM), (c) Pendidikan Kejuruan-Technical Konsorsium Serikat (V-TECS), (d) Pusat Nasional untuk Penelitian di Pendidikan Kejuruan (NCRVE), dan (e) Interstate Distributif Pendidikan Kurikulum Consortium (IDECC).
Produk meliputi dicetak bahan ajar (buku teks, buku kerja, modul, dan panduan non-komersial) dan bahan nonprint (presentasi suara-slide, disket komputer mikro, dll). Database diperbarui setiap tahun. Selain menambahkan produk baru, mereka yang tidak lagi tersedia atau berusia lebih dari tujuh tahun dihapus.
On-line pencarian komputer dilakukan melalui BRS. Panduan pencarian disediakan oleh BRS untuk membantu dalam perencanaan dan melakukan pencarian. Mereka yang tidak memiliki akses ke BRS dapat mengambil informasi dari VECM dengan menghubungi NCRVE atau salah satu Pusat Koordinasi enam Kurikulum regional. Alamat dan nomor telepon untuk masing-masing pusat-pusat regional disediakan dalam bab ini di bawah judul "Kurikulum Regional Pusat Koordinasi."Demikian juga, informasi kontak untuk NCRVE muncul di bawah judul "Organisasi Nasional."
Hasil pencarian dapat dicetak on-line atau off-line dengan BRS. Setiap kutipan (record) yang dicetak berisi pembatasan judul item, pengembang, mensponsori agen, klasifikasi subjek-materi, tingkat pendidikan, pengguna dimaksudkan, populasi sasaran mahasiswa, dan hak cipta. Ada juga deskripsi singkat dari item dan informasi tentang tempat yang dapat dipinjam atau dibeli. Jika item yang dipilih tidak tersedia melalui Kurikulum daerah Pusat Koordinasi, mereka biasanya dapat diperoleh dari pengembang atau mensponsori lembaga diidentifikasi pada pencarian kutipan cetakan.

3.      RIVE Database

Rive menyediakan akses melalui BRS informasi tentang proyek-proyek perbaikan program vokasi. Database berisi deskripsi singkat dari kedua pengembangan kurikulum dan pelaksanaan program proyek yang sedang berjalan dan rev selesai. Untuk informasi rinci, personil proyek harus dihubungi. Entri termasuk nama direktur proyek, organisasi melakukan pekerjaan, dan sponsor (sumber pendanaan).

4.      NTIS Database

Database ini diproduksi oleh Departemen Perdagangan AS. Ini berisi referensi dengan abstrak untuk materi kurikulum unclassified diterbitkan oleh Departemen Pertahanan, Departemen Energi, dan berbagai lembaga federal lainnya. Item yang dipilih untuk pembelian dapat dipesan melalui kantor penjualan NTIS di Springfield, Virginia. Informasi kontak yang disediakan di bawah judul "AS Instansi Pemerintah."

5.      Training and Development Alert

Database ini disediakan oleh Advanced Personil Sistem di Roseville, California. Hal ini diperbarui dua bulan sekali dan berisi lebih dari 3700 catatan. Topik yang dibahas meliputi: (a) pelatihan teknis, (b) teknik pelatihan, pelatihan (c) keterampilan kerja, (d) desain instruksional, (e) analisis kebutuhan pelatihan, dan (f) biaya-analisis dari pelatihan.

6.      Training Media Database

Inovasi akses, Inc., dari Albuquerque, New Mexico menyediakan database ini. Hal ini diperbarui setiap semester dan berisi lebih dari 12.000 catatan. Pelatihan Media Database menyediakan referensi dan informasi kontak pada program pelatihan dan media audiovisual. Diantara topik yang dibahas adalah: (a) bimbingan pengembangan karir, (b) komputer, (c) kepuasan kerja, (d) elektronik, (e) teknologi, (f) prosedur kantor, (g) fotografi, dan (h) industri keselamatan. Setiap kutipan (record) termasuk judul, jenis media, distributor dan alamat, produser dan alamat, tingkat pendidikan audiens yang dituju, deskripsi singkat, dan abstrak dari konten. Catatan berasal dari lebih dari 25.000 katalog mewakili lebih dari 8.000 produsen Program.

7.      TRAINET Database

Database ini diproduksi oleh Timeplace Inc, Waltham, Massachusetts untuk anggota American Society for Training and Development. Hal ini diperbarui setiap hari dan berisi catatan dari buku, media audiovisual, courseware, instrumen penilaian, dan program pelatihan dikemas. Setiap kutipan TRAINET memberikan deskripsi produk, target audiens, rincian penjual, biaya, dan informasi pemesanan.

8.      LABORDOC Database

Database ini adalah layanan dari Kantor Perburuhan Internasional (ILO) dengan kantor pusat di Jenewa, Swiss. Ini memberikan cakupan seluruh dunia pada topik pelatihan dan terkait kejuruan, database diperbarui setiap bulan dan berisi lebih dari 145.000 catatan yang dikumpulkan sejak tahun 1965.
On-line pencarian komputer dilakukan di Amerika Serikat melalui (a) Sumber Daya Informasi Jaringan Manusia (HRIN) dan (b) ORBIT Teknologi Informasi. Kutipan (catatan) mengandung bahasa dokumen, penulis, judul, sumber, tahun publikasi, deskriptor dari Thesaurus ILO dan abstrak.
Database lain ILO, LABORINFO, sedang termasuk dalam LABORDOC. Ini akan menambah catatan tentang pelatihan serta topik terkait seperti ketenagakerjaan, keselamatan, dan dampak dari teknologi baru. Berikut website yang disediakan untuk mengakses eric database, dengan alamat linknya http://labordoc.ilo.org/.

B.     Summary

Bab ini menyajikan daftar terorganisir dari sumber bahan praktisi berorientasi. Sejumlah besar sumber potensial dihubungi, tetapi hanya mereka dengan produk gratis atau harga terjangkau, berkualitas baik dan cocok untuk digunakan dalam pendidikan kerja, telah termasuk di bab ini. Hal ini jarang diperlukan untuk menghubungi lebih dari beberapa sumber yang tepat, tetapi upaya untuk mencari dan memperoleh bahan akan jauh lebih produktif jika pencari adalah baik informasi tentang banyak pilihan yang tersedia.




Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "CHAPTER 3 SOURCES OF CURRICULUM MATTERIAL bagian 2"

Post a Comment